Sabtu, 02 Januari 2010

Grup Pro-Kontra yang membedah masalah Luna di Dunia Maya

Kisah ini diawali dengan testimonaliti yang secara tidak sengaja ditelurkan Luna Maya di situs twitternya sebagai berikut : “Infotainment derajatnya lebh 'hina' dari pada 'pelacur', 'pembunuh'...!!!may ur soul burn in hell!! “ tulis Luna Maya di situs Twitternya sekitar pukul 00.00 WIB, Rabu 16 Des 2009.

Sebagaimana diberitakan, pada pertengahan Desember 2009, sejumlah pekerja infotainment, yang dinaungi Persatuan Wartawan Indonesia, melaporkan selebritas asal Bali tersebut, terkait pencemaran nama baik yang tertulis dalam mikro blog Twitter @Lunmay miliknya.

Akibat peristiwa yang terjadi tersebut menjadikan Luna Maya menjadi sebuah Isu yang 'anget' dan Pro-Kontra menjadi titik-balik tentang UU ITE yang dipermasalahkan tersebut. Kaum penjelajah di dunia maya pun khususnya para Facebooker berbondong-bondong menyatakan suaranya yang lantang dan 'cekikikan' baik itu yang Pro maupun yang kontra dalam 'menteriakkan' suaranya dalam grup-grup yang disediakan oleh Admin Facebooker.

Diantaranya grup tersebut dibawah ialah sebagai berikut :
1. Group Pendukung :

Dukung Luna Maya lawan Arogansi Infotainment
Grup yang dipunggawai oleh Fandhi Deeng sebagai pendiri, menjadi grup dengan populasi yang berada ditingkat teratas untuk dukungannya terhadap Luna yang bermaslah di alam Maya, estimasi yang telah dirangkum sudah hampir mencapai kurang lebih 150 ribu jiwa dan akan bertambah terus-menerus seiring dengan kasus Luna yang diharapkan agar dapat penyelesaian.

Infotainment menjadi bagian yang tak terpisahkan dari perbincangan yang kontras didalam Wall grup ini, karena 'teriakan; yang keras dan 'besua' lantang tak lepas dari pencaci-makian dan sumpah serapah terhadap para pekerja dan lembaga yang bernama infotainment tersebut.

Suara-suara lantang yang ditampilkan di Topik diskusinya sudah mencapai lebih dari 300 tread baik itu diskusi yang berupa dukungan, menjelekkan Infotainment maupun celaan yang memojokkan 'Non Luna'.

Profil Grup :
Pengurus ; Fandhi Deeng (Pelopor), Octafred Yossi dan Mbah Dody Kusuma
Petugas ; Joko Asmoro (Group PR), Hyde Suchao Vikers (Tim Kampanye), Andre Pasoepati (Panglima Group)
Privasi : Terbuka ; semua isi dapat dibaca untuk umum
Estimasi kuota terakhir 149.572 jiwa

Bebaskan Luna Maya dari Jeratan UU ITE
Tema khusus yang dikedepankan oleh Grup ini menukilkan tentang kelemahan yang terdapat dalam UU ITE, dalam pasal 27 ayat 3 yang berbunyi sebagai berikut : 'Setiap orang yang mencemarkan nama baik melalui media elektronik diancam hukuman penjara maksimal 6 tahun'.

Menurut mereka, pasal yang terkesan 'kejam' dan 'nyeleneh' tersebut sangat berpotensi memberangus kebebasan berekspresi seorang individual. Dan dalam nukilan grup tersebut pula, seharusnya pernyataan Luna Maya dipahami sebagai ekspresi kejengkelan masyarakat terhadap pekerja infotainment yang gemar melanggar hak privasi orang dan tidak mengindahkan etika.

Kekhasan dari Grup yang dipopulerkan oleh Meggi Margiyono ini, ialah berita terkini yang selalu di Update guna mengikuti jalan cerita Luna Maya yang masih terus merebak dan menunggu penyelesaian. Dan tak kalah istimewanya, Forum diskusi yang ditampilkan mencapai lebih dari 80 thread diskusi yang telah ditelurkan.

Profil Grup :
Pengurus ; Meggi Margiyono (Admin),...dll (karna buanyak buanget..!!)
Privasi : Terbuka ; semua isi dapat dibaca untuk umum
Estimasi kuota terakhir 51.281 jiwa

Bebaska Luna Maya dari Pasal Karet UU ITE dan Lawan Arogansi InfotainmentInformasi umum yang ditampilkan oleh grup yang dinaungi oleh oleh duo pengurus Aisha Shop & Novriantony Kahar ini terkesan 'plagiat' dan sama perisis penggalan informasinya dengan grup pendukung diatas. Tetapi biarpun berkesan demikian, Thread yang ditampilkan di Forum Wall grup tersebut pun tak kalah lantangnya dari grup pendukung dan penghujat tersebut.

Kelemahan dari Grup ini ialah ketiadaan Forum diskusi yang memang dari anggota tersebut belum ada yang berinisiatif untuk membuka pintu Thread pertama di forumnya.

Profil Grup :
Pengurus ; Aisha Shop & Novriantony Kahar
Privasi : Terbuka ; semua isi dapat dibaca untuk umum
Estimasi Kuota terakhir 5.373

2. Grup Pencela :

Tolak Arogansi Luna Maya !Visi dan 'bentangan' suara lantang yang disuarakan di grup ini tidak terkesan membenarkan bahwa perbuatan wartawan yang mengadukan Luna Maya itu sesuatu yang salah. Acuan pokok yang menjadi sebab-akibat mereka kontra terhadap Luna ada pernyataan yang agak kurang enak 'didengungkan' di status twitternya.

Profil Grup :
Pengurus ; Hanuman Wicaksono, Sean Cassidy & Therensia Laody
Privasi : Terbuka ; semua isi dapat dibaca untuk umum
Estimasi Kuota terakhir 10.832

Pembedahan yang dilakukan oleh Grup pendukung dan pencela tersebut diatas, mengingatkan 'gw' kembali mengenai korban dari penerapan UU ITE yaitu Prita Mulyasari. Ibu dua orang anak itu dijerat hanya karena mengirim email berisi keluhannya terhadap Rumah Sakit Omni Internasional, Tangerang. Beruntung majelis hakim menjatuhkan putusan yang tepat dengan membebaskan Prita. Kasus terakhir menimpa artis Luna Maya, yang dipidanakan sejumlah pekerja infotainmen gara-gara menulis keluhan di situs jejaring sosial Twitter yang memang statement terlihat agak kasar.

Terlepas dari itu semua, diantara Anda sekalian dan saya yang menulis ini mempunyai hak suara dalam 'melepaskan' sesuatu pendapat mengenai isu yang merebak. Dalam ulasan Grup mengenai Luna Maya ini, sekarang tergantung anda, memilih mendukung atau berada dibarisan penghujat Luna, monggo.....!!

Editor :
Bobby 'Jude' Gunawan
Sumber :
http://www.facebook.com
http://www.gatra.com
http://www.detik.com
http://www.kompas.com

1 komentar:

Anonim mengatakan...

yg pinter pasti dukung luna ;)

luph lunaaa..... terus berjuang, jgn takut!!! kami ada bersama kamuu...