Rabu, 30 Desember 2009

Ivan Lanin 'Ensiklopedi Clustur'

Aku harap suatu hari, kamu akan menulis bersama kami, dan dunia akan disusun dengan satu kesamaan. Itulah kutipan favorit dari IVAN LANIN yang saya terakan mengenai seorang yang menggawangi Wikimedia Indonesia.

Wikimedia Indonesia adalah organisasi perkumpulan nirlaba yang bertujuan untuk membina pengetahuan pada umumnya dan sumber terbuka pada khususnya, berbasis keanggotaan atas dasar kesukarelaan, kekeluargaan dan kejujuran. Proyeknya yang ditujukan untuk menyebarluaskan materi-materi pengetahuan bersumber terbuka dalam bahasa Indonesia dan bahasa-bahasa lain yang dipertuturkan di Indonesia melalui partisipasi masyarakat.

Woww, luar biasa bukan..! Ivan Lanin adalah salah satu dari sekian 'legiun' Wikimedia Indonesia yang cukup-cukup luar biasa partisipasinya bagi kita semua. Bagaimana tidak? Pengetahuan umum yang disebarluaskan dan menjadi sumber terbuka cukup membantu kita semua dalam mengembangkan wawasan yang kita miliki, dan sepertinya saya tidak salah menterakan Bapak Ivan Lanin sebagai salah satu yang 'menyiram' dunia ini dengan pengetahuan terbuka dari segala bidang untuk kita semua didalam dunia maya.

Jebolan dari Universitas Indonesia bidang Teknologi Informasi ini merupakan seseorang yang sering berpartisipasi aktif di dunia maya Khususnya di Facebook. Menurut Gue, Pak Lanin seperti orang yang terbuka mengenai pengetahuan, dan tidak sungkan-sungkan memberi saran kepada orang yang memang memerlukan pengetahuan tersebut. Jikalau kita telisik dari blogbasic yang digunakan pak Lanin di Situs Wordpressnya, tulisan-tulisan pak Lanin memberi kita sharing pengetahuan yang tak kalah pentingnya bagi kemajuan kita semua dalam memahami dunia maya.

Orang yang cukup kritis mengenai Roy Suryo ini patut kita acungi jempol mengenai perannya di perusahaan APB Grup yang membidangi mengenai Manajemen Risiko dengan membidangi lingkup Sistem Informasi, IT bidang kepemerintahan, Manajerial mengenai kualitas dan Manajemen mengenai Pengetahuan.

Jangan berharap banyak bahwa anda akan mendapatkan 'Send Invitation' balasan di Jejaring FACEBOOK dari Bapak Lanin karena lingkup limit pertemanannya sudah hampir memenuhi kuota. Cukup lihat saja dari gambaran Blog yang Pak Lanin tulis untuk mengetahui seberapa luar biasanya orang ini.

Oke bravo buat buat Pak Lanin yang terus-menerus menyebarluaskan pengetahuan buat kepentingan khalayak semua dalam memenuhi wawasan yang terus berkembang secara global.

Editor :

Bobby Gunawan

Sumber :

http://ivanlanin.wordpress.com

www.apb-group.com

www.wikimedia.or.id

Tidak ada komentar: